#myheritagetrip

Instagram photos and videos

#myheritagetrip#travel#indonesia#architecture#landscape#saveourheritage#heritage#wonderfulindonesia#arsitekturnusantara#wooden#jalanjalan#inspire#pesonaindonesia#livinginthetropic#architectureporn#nature#natural#tropicalarchitecture#architectslife#heritageforeducation#architect#workhardplayhard#bangunantua

Hashtags #myheritagetrip for Instagram

Pernah melewati Jl Monginsidi Surakarta ? sebuah jalur untuk bus Jurusan Surabaya, sebuah jalur yang terhubung ke stasiun Balapan Solo, sebuah jalur yang ada banyak sekolah disana dari PAUD hingga Universitas. Bila dibayangkan sangat ramai sekali jalur ini, belum lagi jika dini hari terkenal dengan Gudeg Ceker Margoyudan nya. Hiruk pikuk masa kini memang sangat ramai, lalu bagaimana cerita masa lalu dikawasan ini ? yuk kita jalan-jalan dikawasan ini mencoba mengulik cerita cerita masa lalunya
.
.
Minggu, 26 Agustus 2018
Mulai Pukul 09.00
Donasi Rp 50.000,-
Fasilitas : Materi Digital, Makan Siang, Air Mineral
.
.
Pendaftaran di tinyurl.com/lakumonginsidi (link aktif ada di bio @lakulampah ) .
.
Donasi bisa dikirim lewat Bank BCA 0153356715 a.n Fendy Fawzi Alfiansyah
Maksimal Peserta 30
.
.
More Info :
FB : Laku Lampah
IG : @lakulampah
email: lakulampahsolo@gmail.com
Phone / SMS / WA 081228220326
LINE @ : @uha8589w
.
.
#repost from @lakulampah .
.
.
#lakulampah
#soerakartawalkingtour #ayokesolo #jalanjalanjawa #jalajalansejarah #myheritagetrip #trip #travel #explorekotasolo #exploreindonesia #jalanjalansolo #walkingtour #walkingtrip #agendasolo


0

.
MAKET RUMAH SAKIT SIMPANG
.
Maket rumah sakit Simpang yang kini menjelma menjadi mall
Detail maket bisa dilihat di @tugupahlawansurabaya @museumtupal
Rumah Sakit Simpang yang tersohor itu sekarang hanya tinggal kenangan. Saya sendiri tidak pernah bisa menikmati kebesaran rumah sakit itu. Sejak 1980-an bangunan gagah itu telah dirobohkan dan diatasnya disulap menjadi Plaza Surabaya. Hanya diganti tetenger mungil di ujung jalan boulevard.
Begitu sulit mencari foto foto RS Simpang sebelum dibongkar. Kalaupun ada juga hanya pagarnya karena fokus menjepret jalan Simpang abad silam. Padahal rumah sakit ini menyimpan sejarah panjang kolonialisasi di negeri ini.

Sebenarnya nama resminya Centrale Burgerlijke Ziekeninrichting bij Simpang. Dibangun atas perintah Deandels 1808-1811. Saat itu CBZ simpang disiapkan sebagai rumah sakit aangkatan laut Belanda. Sebab sejak zaman Deandles-lah Surabaya disiapkan menjadi pusat kekuatan angkatan laut.

Di seberang kompleks ini kelak berdiri tangsi Angkatan Laut Belanda Gubeng. Setelah merdeka menjadi markas KKO Gubeng dan belakangan menjadi pusat perbelanjaan yaitu Grand City Surabaya.
.
Surabaya makin kehilangan jati dirinya sebagai kota pahlawan, jalan aja kekeuh tetep pengen di ganti, so....
.
Selamatkan Bangunan Cagar Budaya
Selami kotamu dari masa lalu
Jaga kotamu dimasa kini
.
#simpang
#rumahsakitsimpang
#krjelajahsejarah #suroboyo #PastAndPresent #bangunantua #jelajahsurabaya #jelajahsejarah #ontel #SUBHeritageTourism #BanggaSurabaya #krjelajahsejarah #bukusejarah #tunjungan #jalantunjungan #kolonial #jalansurabaya #jalankuno #kotatua #suroboyo #PastAndPresent #myheritagetrip #bangunantua #jelajahsurabaya #jelajahsejarah #canon #550d #jawapos #jawaposfoto #saveoldbuildings #exploresurabaya


2

Pernah melewati Jl Monginsidi Surakarta ? sebuah jalur untuk bus Jurusan Surabaya, sebuah jalur yang terhubung ke stasiun Balapan Solo, sebuah jalur yang ada banyak sekolah disana dari PAUD hingga Universitas. Bila dibayangkan sangat ramai sekali jalur ini, belum lagi jika dini hari terkenal dengan Gudeg Ceker Margoyudan nya. Hiruk pikuk masa kini memang sangat ramai, lalu bagaimana cerita masa lalu dikawasan ini ? yuk kita jalan-jalan dikawasan ini mencoba mengulik cerita cerita masa lalunya
.
.
Minggu, 26 Agustus 2018
Mulai Pukul 09.00
Donasi Rp 50.000,-
Fasilitas : Materi Digital, Makan Siang, Air Mineral
.
.
Pendaftaran di tinyurl.com/lakumonginsidi (link aktif ada di bio @lakulampah ) .
.
Donasi bisa dikirim lewat Bank BCA 0153356715 a.n Fendy Fawzi Alfiansyah
Maksimal Peserta 30
.
.
More Info :
FB : Laku Lampah
IG : @lakulampah
email: lakulampahsolo@gmail.com
Phone / SMS / WA 081228220326
LINE @ : @uha8589w
.
.
#lakulampah
#soerakartawalkingtour #ayokesolo #jalanjalanjawa #jalajalansejarah #myheritagetrip #trip #travel #explorekotasolo #exploreindonesia #jalanjalansolo #walkingtour #walkingtrip #agendasolo


7

Berenang lah yak yuk...badan cape...kemaren landing di Solo, udah menanjak-nanjak di Samiran dan jalan kaki menyusuri Ponggok. Hari ini masih harus ke Gunung Kidul sebelum ke Bandara.
Olahraga dulu ya biar muka bantalnya beres
.
#architect #architecture #architectureporn #saveourheritage #indonesia #travel #workhardplayhard #wonderfulindonesia #jalanjalan #inspire #pesonaindonesia #arsitekturnusantara #wooden #cintaberkain #nature #natural #livinginthetropic #tropicalarchitecture #architectslife #landscape #myheritagetrip #heritageforeducation #swimming #sport #stayingalive #stayhealthy #fitandslimforever #slim #tanned #pool


2

Kantor Gubernur Jawa Timur.
Lokasi Kantor Gubernur ini terletak di Jalan Pahlawan No. 110 Krembangan, Surabaya, Provinsi Jawa Timur, tepat berada di sebelah timur Tugu Pahlawan, sebuah monumen heroik arek-arek Surabaya.

Sebelumnya, Kantor Gubernur berada di Kembang Jepun hingga tahun 1930. Seiring perjalanan waktu, kepadatan Kembang Jepun tak bisa dihindari lagi.sehingga harus dipindahkan didaerah yg blm padat penduduk.

Akhirnya, gedung yang baru, mulai dibangun pada bulan Mei 1929 oleh NV Nederlandsche Aanneming Maatschappij (Nedam), dan selesai pada bulan Agustus 1931. Setelah itu mulai digunakan pada tanggal 10 Desember 1931 sebagai Kantor Gubernur, Kantor Residen, dan Kantor Kepolisian Karesidenan. Arsiteknya adalah Ir. W. Lemei, HA. Breuning dan WB Carmiggelt.

Pada masa pendudukan Jepang, gedung ini pernah diambilalih oleh Jepang dan difungsikan sebagai Kantor Syuuchokan (Karesidenan). Setelah Indonesia merdeka, gedung ini difungsikan kembali seperti sebelum direbut oleh Jepang, yaitu sebagai Kantor Gubernur, Kantor Residen, dan Kantor Kepolisian Karesidenan. Akan tetapi, dalam perkembangannya, Kantor Kepolisian Karesidenan ini selanjutnya menempati gedung tersendiri bekas Hoofdbureau van Politie di Paradestraat atau Jalan Sikatan. Sedangkan, Kantor Karesidenan dipindahkan ke Jalan Raya Gubeng.

Menurut sejarawan, dahulu gedung ini merupakan gedung tertinggi di Surabaya. Rupanya gedung ini memang sengaja dibangun setinggi mungkin agar dapat melihat daerah lain yang letaknya jauh.Konon orang Belanda suka memperhatikan Pelabuhan Tanjung Perak dari atas kantor Gubernur.

Hal menarik lainnya adalah adanya Jam Kuno di Menara Gedung, yang dimanfaatkan untuk memantau atau mencatat jam berapa saja kapal-kapal masuk. Suara dentangnya bisa terdengar dari kejauhan, Seperti halnya jam-jam dinding di zaman modern, jam kuno ini juga berdentang sekali di pukul satu, dan 12 kali di pukul 12. (Diambil dari berbagai sumber)

#Repost @nanayohana (@get_repost)
・・・ #history#sejarahsurabaya#heritage#myheritagetrip#building#landscape#photography#buildingphotography#oldbuilding#sejarahindonesia#cintasejarah#surabayaheritage#pojoksurabaya


1

Karena ada suatu keperluan, tadi sore dolin ke kawasan Kampung Kauman Semarang yang letaknya tidak jauh dari Pasar Johar.

Berbeda dengan kawasan Kauman di kota-kota lain yang pernah saya kunjungi, di sini alun-alunnya sudah tidak ada lagi.

Bahkan Masjid Agung Semarang yang berdiri jauh lebih dulu daripada Masjid Besar yang ada di Simpang 5 dan Masjid Agung Jawa Tengah terkesan kalah pamor.

Namun begitu di sepanjang jalan utamanya bermacam pedagang dapat ditemui disana, terutama yang mencari perlengkapan seragam sekolah dan kantor.

Jika jeli melihat ke atas masih banyak ditemui rumah-rumah tua, belum lagi di gang-gang sempitnya yang tadi belum sempat saya kunjungi.

#bangunantua #gedungtua #wisatasejarah #rumahtua #exploresemarang #jelajahsemarang #kauman #myheritagetrip #puingsejarah #dutcheastindies #sejarah #cagarbudaya


0

Yang tidak berubah di Magelang dari masa ke masa .
.
Entah kenapa jika melihat foto-foto zaman dulu terlihat lebih sejuk.
Sesejuk jika aku melihatmu.
.
Ada yang tau ini di mana?
.
.
.
.
.
.
. .
.
from @wisnudewa69 -
#travelblogger #travelinstyle #traveling #travelholic #travelphotography #travelgram #travel #traveller #magelangheritage #heritage #myheritagetrip #photograpy #photography #canon1300d #heritage #kitlv #jadul #magelangjadoel #sejarahmagelang #sejarahindonesia - #magelang


32

Kantor Pertamina d.h. Bataafsche Petroleum Maatschaappij di Semarang. BPM adalah anak perusahaan Koninklijke Olie/Shell. Bangunan tahun 1938 yang dirancang oleh Th. C. Nix dari biro Arsitek Fermont en Cuypers.

#Repost @andik33 (@get_repost)
・・・ #heritageff03 #myheritagetrip


0

Tugu Ngejam Rotowijayan. .
Tugu Ngejam merupakan persembahan dari masyarakat Tionghoa kepada Sultan Hamengkubuwono VIII.
Jika dilihat dari dekat, prasasti ditulis menggunakan 3 huruf, latin, Jawa, dan Cina.
.
Tulisan yang ada pada tugu Ngejam: Persembahan dari paguyuban para pegawai pemerintah dan masyarakat Tionghoa yang bertempat tinggal di wilayah Ngayogyakarta Hadiningrat dalam rangka memperingati hari penobatan Sri Sultan Hamengku Buwono VIII tepat dua windu, pada hari Senin Wage Tanggal 29 bulan Jumadilawal tahun Alip 1867 atau 17 Agustus 1936”.
.
#Repost @wisnudewa69 (@get_repost)
・・・
#travelblogger #travelinstyle #travelholic #travelgram #heritage #myheritagetrip #travelgram #jogjajateng #jogjaiswonderfull #jogja #jogjaku #exploreJogja #jogjaiswonderfull #keratonjogja #tugungejaman #roemahkuno #rotowijayan #explorer #explore #traveller #traveler #jam #watch #classicwatch


0

Kalau sekarang saya tanya, apa yang terlintas pertama kali saat mendengar kata Kemayoran? Jawabnya bisa macam-macam. Sebagian besar menjawab Jakarta Fair, yg diselenggarakan di JI Expo #kemayoran, sebagian lagi menjawab pusat otomotif, dan yang paling kekinian, Kali Item dan Wisma Atlet 😁
.
Lalu ketika pertanyaannya saya ubah, kenal bandara apa saja di seputar Jakarta. Hampir semua lupa, (atau malah ngga tau), kita pernah punya Bandara Kemayoran, bandara internasional pertama di Jakarta, bahkan Indonesia
.
Bandara Kemayoran (JKT), dibangun pada tahun 1934, mulai dioperasikan tahun 1940 oleh
Koninklijke Nederlandsch-Indische Luchtvaart Maatschappij (KNILM) milik Belanda, dan dinasionalisasi tahun 1950. Bandara ini cukup banyak menjadi saksi sejarah, di antaranya pernah menyambut tamu-tamu negara pada momen KAA 1955, menjadi saksi kehadiran pesawat berbadan besar, dan yang paling ngepop, ATCnya pernah nongol di Komik Tintin, #flight714tosydney. Sebelum akhirnya mengakhiri masa operasionalnya di tahun 1984 setelah Bandara Soetta beroperasi
.
Saya sudah lama membaca informasi tentang bandara ini, tapi sama sekali ngga bisa membayangkan di mana letak tepatnya. Satu2nya yang saya tahu hanya bekas runway/landas pacu yang sekarang menjadi jalan utama di Kemayoran, Jl. Benyamin Sueb. Maka ketika #jktgoodguide bikin rute #jelajahkemayoran ini, langsung daftarrrr! .
Kejutan demi kejutan saya dapatkan saat menjelajahi tempat ini, dari sekedar oooo di sini tempatnya, peringatan dari pengelola untuk berhati-hati di lokasi karena ada ular, kondisi ATC yang sekarang yang benar-benar memprihatinkan, keropos, terkepung semak serta tanaman perdu. Satu lagi yang saya baru tahu, kalau ada dua landas pacu yang saling bersilangan di bandara ini. Satu melintang utara-selatan, satu lagi timur-barat
.
Btw, super excited saat perwakilan pengelola, Pak Irawan dari PPKK (Pusat Pengelolaan Komplek Kemayoran), mempersilakan kami untuk naik ke puncak menara kontrol berusia 80 tahun yang saat ini telah ditetapkan sebagai cagar budaya. Kesampingkan rasa takut, naik lahhhh, kapan lagi!
.
.
.
#bandarakemayoran #jakartaheritage #myheritagetrip #sejarahjakarta #explorekemayoran #jelajahjakarta


7

Tugu Ngejam Rotowijayan. .
Tugu Ngejam merupakan persembahan dari masyarakat Tionghoa kepada Sultan Hamengkubuwono VIII.
Jika dilihat dari dekat, prasasti ditulis menggunakan 3 huruf, latin, Jawa, dan Cina.
.
Tulisan yang ada pada tugu Ngejam: Persembahan dari paguyuban para pegawai pemerintah dan masyarakat Tionghoa yang bertempat tinggal di wilayah Ngayogyakarta Hadiningrat dalam rangka memperingati hari penobatan Sri Sultan Hamengku Buwono VIII tepat dua windu, pada hari Senin Wage Tanggal 29 bulan Jumadilawal tahun Alip 1867 atau 17 Agustus 1936”.
.
#travelblogger #travelinstyle #travelholic #travelgram #heritage #myheritagetrip #travelgram #jogjajateng #jogjaiswonderfull #jogja #jogjaku #exploreJogja #jogjaiswonderfull #keratonjogja #tugungejaman #roemahkuno #rotowijayan #explorer #explore #traveller #traveler #jam #watch #classicwatch


0

Hampir seluruh konstruksi bangunan museum Bahari ini terdiri atas kayu jati yang ketebalannya mencapai 20-30 cm. Arsitekturnya sendiri menyadur gaya the empire style, khas Eropa yang pada saat itu sedang melanda kawasan Prancis. Di terapkan untuk bangunan ini sebagai lambang kekuasaan pemerintah Hindia Belanda kala itu. Namun karena Indonesia beriklim tropis, maka arsitektur bangunannya pun disesuaikan.
.
.
#museumbaharijakartautara
#sejarahmuseumbahari
#arsitekturkolonial
#smartphonephotography
#phonephotography_id
#worldphoneographers
#hptografi
#hptografi_id
#yanemilaphotophone
#mytravelpics
#nondslrclick
#momtravelers
#myheritagetrip


0

Kantor Gubernur Jawa Timur.
Lokasi Kantor Gubernur ini terletak di Jalan Pahlawan No. 110 Krembangan, Surabaya, Provinsi Jawa Timur, tepat berada di sebelah timur Tugu Pahlawan, sebuah monumen heroik arek-arek Surabaya.

Sebelumnya, Kantor Gubernur berada di Kembang Jepun hingga tahun 1930. Seiring perjalanan waktu, kepadatan Kembang Jepun tak bisa dihindari lagi.sehingga harus dipindahkan didaerah yg blm padat penduduk.

Akhirnya, gedung yang baru, mulai dibangun pada bulan Mei 1929 oleh NV Nederlandsche Aanneming Maatschappij (Nedam), dan selesai pada bulan Agustus 1931. Setelah itu mulai digunakan pada tanggal 10 Desember 1931 sebagai Kantor Gubernur, Kantor Residen, dan Kantor Kepolisian Karesidenan. Arsiteknya adalah Ir. W. Lemei, HA. Breuning dan WB Carmiggelt.

Pada masa pendudukan Jepang, gedung ini pernah diambilalih oleh Jepang dan difungsikan sebagai Kantor Syuuchokan (Karesidenan). Setelah Indonesia merdeka, gedung ini difungsikan kembali seperti sebelum direbut oleh Jepang, yaitu sebagai Kantor Gubernur, Kantor Residen, dan Kantor Kepolisian Karesidenan. Akan tetapi, dalam perkembangannya, Kantor Kepolisian Karesidenan ini selanjutnya menempati gedung tersendiri bekas Hoofdbureau van Politie di Paradestraat atau Jalan Sikatan. Sedangkan, Kantor Karesidenan dipindahkan ke Jalan Raya Gubeng.

Menurut sejarawan, dahulu gedung ini merupakan gedung tertinggi di Surabaya. Rupanya gedung ini memang sengaja dibangun setinggi mungkin agar dapat melihat daerah lain yang letaknya jauh.Konon orang Belanda suka memperhatikan Pelabuhan Tanjung Perak dari atas kantor Gubernur.

Hal menarik lainnya adalah adanya Jam Kuno di Menara Gedung, yang dimanfaatkan untuk memantau atau mencatat jam berapa saja kapal-kapal masuk. Suara dentangnya bisa terdengar dari kejauhan, Seperti halnya jam-jam dinding di zaman modern, jam kuno ini juga berdentang sekali di pukul satu, dan 12 kali di pukul 12. (Diambil dari berbagai sumber)
#history#sejarahsurabaya#heritage#myheritagetrip#building#landscape#photography#buildingphotography#oldbuilding#sejarahindonesia#cintasejarah#surabayaheritage#pojoksurabaya


0

from @wisnudewa69 - Salah satu jalan di kota Magelang. Banyak sekali bangunan tua di komplek ini. Jika dilihat, beberapa spot masih sama, seperti rumah yang ada di tikungan. FYI, foto yang bewarna merah adalah rumah kuno yang ada dipostingan sebelumnya.
.
Btw, ada yang tau ini di mana?.
.
.
.
.
..
.
. #magelangheritage #magelangtempoedoeloe #heritage #myheritagetrip #exploreMagelang #history #photograpy #photolove #photogrhaphy #streetphotography #street #bangunantua #bangunantua #sejarahindonesia #sejarahmagelang #magelanggayeng #magelangraya #magelangZone #magelangHits #magelangcity #travelblogger #travelinstyle #traveling #travelgram #seputarMagelang #sudutkota


4

Centraal Burgerlijke Ziekenhuis (CBZ)


#streetphotography
#architecture
#building
#iphonesia
#building
#myheritagetrip
#stovia


0

Desa Meat perlu bantuan untuk menata rumah bolon di belakang saya ini karena kayunya terkena rayap, tidak ada instalasi listrik dan belum memiliki toilet. Bangunan ini kelihatan sebagian ori sebagian lagi macam oplas gagal karena salah memilih kayu,salah pemasangan dan warna finishing. Katanya sih dapat bantuan, tapi tidak ada pendampingan arsitek. Pe er ini buat arsitek dan interior desainer. Mari bantu dan dampingi desa-desa seperti ini, supaya rumah adat nya tidak terbengkalai dan bisa jadi homestay. Bisa membantu perekonomian warga lokal dan menjalankan misi mulia melestarikan #arsitekturnusantara
.
#architect #architecture #architectureporn #saveourheritage #indonesia #travel #workhardplayhard #wonderfulindonesia #jalanjalan #inspire #pesonaindonesia #arsitekturnusantara #wooden #cintaberkain #nature #natural #livinginthetropic #tropicalarchitecture #architectslife #landscape #myheritagetrip #heritageforeducation #beach #sun #sand #sunset #Toba #Lake #Meat #nofilter


1

TOKO MERAH.. Bangunan yang cukup besar dan megah ini didirikan pada 1730 sebagai rumah tinggal dari Gubernur Jendral VOC, Gustaf Willem Baron van Imhoff.
.
🚩 Kali Besar Raya

#Repost @winapisty (@get_repost)
・・・ Sedikit tambahan,
Disebut "Toko Merah" karena pada pertengahan abad ke-19 sempat berfungsi sebagai toko yang bangunannya dicat dengan warna dominan merah, namun ada juga yang mengaitkan nama tersebut dengan peristiwa Geger Pacinan.
#jelajahkotatua
#explorejakarta
#myheritagetrip
#cagarbudaya
#heritage
#architecturephotography
#tokomerah
#indonesiaheritage
#citytour
#keluarbentar
#landscape
#jakartaheritage
#kotatuajakarta
#l4l #hdr
#oldbuilding
#jakartaku
#enjoyjakarta


5

Bertemu inang boru Manalu di Desa Meat, Sumatera Utara. Ramah kali pun inang ini. Dan langsung teringat teman saya di ibukota, @6arfield , satu keluarga nih 😄.
Inang br.Manalu perlu bantuan untuk menata rumah bolon di belakang kami ini karena kayunya terkena rayap, tidak ada instalasi listrik dan belum memiliki toilet. Pe er ini buat arsitek dan interior desainer. Mari bantu dan dampingi desa-desa seperti ini, supaya rumah adat nya tidak terbengkalai dan bisa jadi homestay.
.
.
#architect #architecture #architectureporn #saveourheritage #indonesia #travel #workhardplayhard #wonderfulindonesia #jalanjalan #inspire #pesonaindonesia #arsitekturnusantara #wooden #cintaberkain #nature #natural #livinginthetropic #tropicalarchitecture #architectslife #landscape #myheritagetrip #heritageforeducation #beach #sun #sand #sunset #Toba #Lake #Meat #nofilter


1

Perjalanan menuju batas Desa Meat, Provinsi Sumatera Utara. Pemandangannya luar biasa indah, namun harus berhati-hati. Belokannya sangat curam, kemiringan jalan sangat variatif dan lebar jalan di beberapa titik hanya untuk 1 mobil. Kalau jadi turis, saya sarankan,jangan bawa mobil sendiri, karena ketika menganga terpesona alam, bisa-bisa lupa ganti gigi dan injak rem.
Penerangan jalan pun belum ada. Jadi sangat tidak disarankan ke sini ketika sudah gelap. .
.
#architect #architecture #architectureporn #saveourheritage #indonesia #travel #workhardplayhard #wonderfulindonesia #jalanjalan #inspire #pesonaindonesia #arsitekturnusantara #wooden #cintaberkain #nature #natural #livinginthetropic #tropicalarchitecture #architectslife #landscape #myheritagetrip #heritageforeducation #beach #sun #sand #sunset #Toba #Lake #Meat #nofilter


0

Perjalanan menuju batas Desa Meat, Provinsi Sumatera Utara. Pemandangannya luar biasa indah, namun harus berhati-hati. Belokannya sangat curam, kemiringan jalan sangat variatif dan lebar jalan di beberapa titik hanya untuk 1 mobil. Kalau jadi turis, saya sarankan,jangan bawa mobil sendiri, karena ketika menganga terpesona alam, bisa-bisa lupa ganti gigi dan injak rem.
Penerangan jalan pun belum ada. Jadi sangat tidak disarankan ke sini ketika sudah gelap. .
.
#architect #architecture #architectureporn #saveourheritage #indonesia #travel #workhardplayhard #wonderfulindonesia #jalanjalan #inspire #pesonaindonesia #arsitekturnusantara #wooden #cintaberkain #nature #natural #livinginthetropic #tropicalarchitecture #architectslife #landscape #myheritagetrip #heritageforeducation #beach #sun #sand #sunset #Toba #Lake #Meat #nofilter


0

Perjalanan menuju batas Desa Meat. Pemandangannya luar biasa indah, namun harus berhati-hati. Belokannya sangat curam, kemiringan jalan sangat variatif dan lebar jalan di beberapa titik hanya untuk 1 mobil. Kalau jadi turis, saya sarankan,jangan bawa mobil sendiri, karena ketika menganga terpesona alam, bisa-bisa lupa ganti gigi dan injak rem.
Penerangan jalan pun belum ada. Jadi sangat tidak disarankan ke sini ketika sudah gelap. .
.
#architect #architecture #architectureporn #saveourheritage #indonesia #travel #workhardplayhard #wonderfulindonesia #jalanjalan #inspire #pesonaindonesia #arsitekturnusantara #wooden #cintaberkain #nature #natural #livinginthetropic #tropicalarchitecture #architectslife #landscape #myheritagetrip #heritageforeducation #beach #sun #sand #sunset #Toba #Lake #Meat


3

Rumah tua yang bernama Puri Gedeh ini berfungsi sebagai rumah dinas Gubernur Jawa Tengah.
Terletak di Jl Gajah Mungkur Semarang dan merupakan salah satu cagar budaya Kota Semarang.

Di sekitar sini banyak rumah rumah tua mewah yang juga masih digunakan hingga sekarang.

Hawanya pun lebih sejuk karena pepohonan besar masih dapat ditemui di kawasan ini. Dahulu wilayah ini disebut komplek Candi Baru, cmiiw.

#bangunantua #gedungtua #wisatasejarah #exploresemarang #jelajahsemarang #rumahtua #myheritagetrip #dutcheastindies #puingsejarah #indischeoud


4

.
Darmo Ziekenhuis
.
Bangunan RS Darmo didirikan pada 15 Januari 1921. Peletakkan batu pertama dilakukan oleh G. Mejuffr Hempenius, Direktris SZV. SZV merupakan singkatan dari Surabajasche Zieken Verpleging, sebuah perkumpulan sosial untuk pelayanan kesehatan yang didirikan pada 9 Juni 1897 dan dipimpin seorang dokter Belanda bernama HJ Offerhaus, dan rancangan gedungnya dipercayakan kepada G.C. Citroen, seorang arsitek kenamaan yang banyak menciptakan gedung-gedung terkenal di Surabaya kala itu. RS Darmo pada waktu dibangun mendapat pengaruh arsitektur Modern Fungsional dengan elemen Art Deco. Terdapat logo RS Darmo yang disertai lengkungan bertuliskan “Salus Aegroti Suprema Lex Est”, yang maknanya menyelamatkan penderita adalah kewajiban yang utama
Pada masa perang, RS Darmo pernah menjadi pusat interniran tawanan Eropa pada saat pendudukan Jepang. Hal ini diabadikan dalam bentuk tugu prasasti yang diletakkan di taman bagian depan RS Darmo. Dalam tugu tersebut tertulis “The Japanese used this hospital as the centre of the women and children internees. Liutenant Colonel Rendall and his troops toke it over. They fired at a passing truck with vouth in it on October 27, 1945 and that started the first clash of October 28-30, 1945”
Kini, RS Darmo menjadi landmarkkawasan Jalan Raya Darmo karena kekhasan arsitektur yang dimilikinya, dan telah ditetapkan sebagai salah satu bangunan cagar budaya yang harus dilindungan dan dilestarikan seperti yang tertuang dalam Surat Keputusan Walikotamadya Kepala Daerah Tingkat II Surabaya Nomor 188.45/251/402.1.04/1996 dengan nomor urut 12.
Nieuw Soerabaia
Sumber: kekunaan.blogspot.com .
.
Selamatkan Bangunan Cagar Budaya
Selami kotamu dari masa lalu
Jaga kotamu dimasa kini
.
#darmoziekenhuis
#rumahsakitdarmo
#krjelajahsejarah #suroboyo #PastAndPresent #bangunantua #jelajahsurabaya #jelajahsejarah #ontel #SUBHeritageTourism #BanggaSurabaya #krjelajahsejarah #bukusejarah #tunjungan #jalantunjungan #kolonial #jalansurabaya #jalankuno #kotatua #suroboyo #PastAndPresent #myheritagetrip #bangunantua #jelajahsurabaya #jelajahsejarah #canon #550d #jawapos #jawaposfoto #saveoldbuildings #exploresurabaya


1

Masih tentang rumah Ursone bersaudara di kawasan Lembang.
Nah, kalo ini adalah rumah yang ada disamping rumah Ursone bersaudara yang kemarin saya posting. Jika dilihat dari bentuknya, lebih sederhana ketimbang rumah satunya. Kondisinya jauh mengkhawatirkan. Banyak bagian yang rusak bahkan roboh. Sedih lihatnya. Sampai2 saya tidak berani masuk ke dalam sisa ruangannya, karena takut roboh. Walaupun begitu, ada beberapa hal menarik yang bisa didapat, seperti sisa tungku perapian dan tegel yang masih asli. Semoga bagian yang rusak diperbaiki. Bukan yang utuh yang dihancurkan!

Sedikit melanjutkan cerita kiprah keluarga Ursone bersaudara. Mereka tercatat pernah memiliki pabrik coklat bernama 'Mafalda' di belakang mesjid Cipaganti, Bandung. Namun sayangnya tahun 1938, pabriknya terbakar dan harus berhenti produksi.
Sebenarnya, masih ada beberapa cerita lainnya dari Ursone bersaudara. Sementara, segitu dulu.
#myheritagetrip #ursone #walkingtour #historicaltripbandung #bandung_heritage #lembangheritage #lembang #wisatasejarah #saveheritagebuilding #heritagebuilding


0

Pontjol doeloe dan Poncol sekarang.
.
Salah satu jalan di kota Magelang. Banyak sekali bangunan tua di komplek ini. Jika dilihat, beberapa spot masih sama, seperti rumah yang ada di tikungan itu.
.
.
.
.
.
.
Lokasi Jl A Yani Poncol kota Magelang .
from @wisnudewa69 - .
#magelangheritage #magelangtempoedoeloe #heritage #myheritagetrip #exploreMagelang #history #photograpy #photolove #photogrhaphy #streetphotography #street #bangunantua #sejarahindonesia #sejarahmagelang #travelblogger #travelinstyle #traveling #travelgram #seputarMagelang #sudutkota
#magelang
#jateng
#indonesia


19

Salah satu jalan di kota Magelang. Banyak sekali bangunan tua di komplek ini. Jika dilihat, beberapa spot masih sama, seperti rumah yang ada di tikungan. FYI, foto yang bewarna merah adalah rumah kuno yang ada dipostingan sebelumnya.
.
Btw, ada yang tau ini di mana?.
.
.
.
.
..
.
. #magelangheritage #magelangtempoedoeloe #heritage #myheritagetrip #exploreMagelang #history #photograpy #photolove #photogrhaphy #streetphotography #street #bangunantua #bangunantua #sejarahindonesia #sejarahmagelang #magelanggayeng #magelangraya #magelangZone #magelangHits #magelangcity #travelblogger #travelinstyle #traveling #travelgram #seputarMagelang #sudutkota


13

Residen Huize te Pecalongan a.k.a Rumah Residen di Pekalongan, saat ini lebih dikenal dengan Bakorwil Pekalongan.
.
Berdiri tahun 1850 dengan Indische Empire Style lengkap dengan colom dan adanya ruang sayap kanan kiri dihubungkan dengan selasar dan penggunaan beranda depan dan belakang.
.
J. van der Erb tercatat sebagai salah satu residen yang pernah mendiami rumah tersebut, hanya saja G. Johan Peter van der Poel diketahui sebagai residen pertama yang menempati rumah tersebut di tahun 1850.
.
Secara fisik masih dapat dikatakan utuh lengkap dengan ruang jaga dan taman pada bagian depan dan belakang. Saat ini gedung eks. Residen Pekalongan ini sudah masuk dalam cagar budaya dan mendapatkan perhatian khusus.

#Repost @benu_prawiraadmadja (@get_repost)
・・・ #myheritagetrip #indische #heritagebuilding


6

Koleksi @bumi_ageung_cikidang kini bertambah lagi. Gelas cangkir bergaya motif Eropa dengan gambar foto Raden Aria Adipati Prawiradiredja II (Bupati Cianjur ke-10) ini kembali bersanding dengan gelas cangkir bergambar foto Dalem Istri yang memang sejak jaman dulu sudah berada di Bumi Ageung. Sebelumnya kedua gelas cangkir ini sudah terpisah kurang lebih selama 50 tahun. Benda antik ini diperkirakan dibuat ketika masa pemerintahan R.A.A. Prawiradiredja II masih berlangsung, antara tahun 1870-1890. Memakai teknik sablon foto pada material keramik adalah hal yang sangat luar biasa dilakukan pada saat itu, dengan hasil yang sempurna dan detail yang halus. #bendacagarbudaya #saveourheritage #cianjurheritage #heritagewalk #opentrip #wisatasejarah #treasure #cup #glass #tempodoeloe #barangantik #rumahmuseum #rumahantik #rumahjawakuno #infocianjur #visitcianjur #eksplorecianjur #diarycianjur #geonationtravel #myheritagetrip


10

Bagian belakang rumah candranaya dan pelataran juga kolam teratai yang menjadi pemisah antara bangunan kantor sang mayor dan rumah tempat tinggalnya bersama keluarga. Masih terasa ya asrinya. Rumah terakhir the last major, jadi teringat film tentang the last emperor...🌼
.
.
#rumahcandranayagajahmada
#myheritagetrip
#momtravelerindonesia
#mysmartphonephoto
#mysmartphonegraphy
#yanemilatraveljournal


0

Rumah Candra Naya, atau sering disebut sebagai Rumah Mayor, adalah sebuah rumah kuno yang sampai saat ini masih berdiri di kawasan jalan Gajah Mada , Jakarta Barat. Bangunan kuno ini diapit oleh hotel Novotel dan starbucks. Sehingga kalau tidak jeli ketika melalui kawasan gajah mada, keberadaan rumah cantik yang menjadi cagar budaya ini tidak terlihat.

Menurut cerita sejarah rumah unik berasitektur cina tersebut dulunya adalah milik seseorang beretnis Tionghoa bernama Khouw Kim An yang merupakan mayor Tionghoa terakhir di Batavia.

Rumah ini terbagi menjadi dua bagian. Yaitu bagian depan yang dulunya merupakan kantor dari sang mayor dan bagian belakang rumah yang dipisahkan sebuah kolam teratai yang merupakan tempat untuk berkumpul dan berekreasi keluarga sang mayor. Namun kini yang tersisa hanya bagian depan dan halaman belakang saja. Bagian belakang yang merupakan rumah tinggal sang mayor sudah hilang dan berganti menjadi gedung perkantoran @myheritagetrip
.
.
#explorejakarta
#rumahcandranaya
#sejarahrumahcandranaya
#yanemilatraveljournal
#momtravelerindonesia
#smartphonegraphy
#mysmartphonephoto
#myheritagetrip


0

Bangunan tua yg berada di Kota Lama Semarang ini tadinya adalah G.C.T. van Dorp & Co, Boekhandel en Drukkerijen yang merupakan toko buku dan penerbitan besar era Hindia Belanda.

Konon buku Kartini Habis Gelap Terbitlah Terang awalnya dicetak di sini, dan Kartini pun sering belanja buku di toko ini saat ke Semarang. Toko buku ini juga punya cabang di kota lain seperti Batavia, Bandung dan Surabaya.

Sekarang gedung ini digunakan sebagai Museum 3 dimensi yang warna catnya menurut saya norak siy, sebelum ini kalo ga salah ingat warnanya putih merah, mending daripada sekarang.

#bangunantua #gedungtua #wisatasejarah #myheritagetrip #puingsejarah #rumahtua #dutcheastindies #indischeoud #exploresemarang #jelajahsemarang #kotalamasemarang


6

Kantor Pos Kota
Kota Tua, Alun-Alun Fatahillah .
.
.

Kantor Pos Kota dibangun pada 1928 dengan rancangan arsitek Ir. R. Baumgartner. Posisinya tepat berhadapan dengan Gedung Balaikota Batavia atau sekarang Museum Sejarah Jakarta (Museum Fatahillah). Bangunan ini dibangun dengan gaya art deco dengan banyak jendela pada fasad sehingga cahaya dan sirkulasi udara dapat masuk optimal untuk menyesuaikan iklim tropis.
Bangunan sejak awal pendiriannya hingga sekarang masih berfungsi sebagai Kantor Pos. .
.
.

#kantorpos #kantorposkotatua #kotatua #fatahillah #fatahillahsquare #stadhuisplein #batavia #myheritagetrip #heritage #history #jakarta #enjoyjakarta #postoffice #gedungtua #bangunanbersejarah #weekend #summervibes #bluesky #dutchcolonial


1

Pasar tekstil dan kerudung Pabean, nama tersebut tentunya sudah tidak asing bagi warga Surabaya. Tahukah kalian bahwa pasar tersebut sebenarnya adalah perkampungan warga.
.
Seperti layaknya kampung beberapa rumah masih ditempati dan berstatus rumah tangga, meski beberapa lainnya sudah berubah menjadi toko. Perkampungan ini masuk RT 03 Kampung Pabean Utara dan RT 04 Kampung Ketapang gang 3-4 wilayah RW 10 Pabean Sayangan Surabaya. Yang menarik, di salah satu rumah warga tepatnya di Ketapang gang 3 No.22 terdapat mesin penggorengan kopi tua milik warga keturunan tiong hoa yang dulunya adalah pengusaha kopi, salah satu pekerja menuturkan dulunya usaha tekstil sudah ada, tapi tidak sebanyak sekarang, usaha kopi tersebut sempat berjaya diatas tahun 80 hingga pertengahan 90an.
.
Namun, seiring merambatnya usaha tekstil dan kerudung di Pabean maka perkampungan di sisi timur dan utara ini perlahan berubah menjadi pasar tekstil dan kerudung. Tidak terkecuali sang pengusaha kopi yang akhirnya beralih profesi menjadi pengusaha tekstil.

#kampongpabean #pasartekstil #kampungkain #ketapangsajangan #pabeanutara #riwayatmukini #kopi #mesingorengkopi #coffeemachine #myheritagetrip


0

Fort Willem 1 atau disebut Benteng Pendem Ambarawa dibangun 1834.
Biasanya benteng dibangun ada parit yg mengelilinginya,tp benteng ini tdk,kemungkinan utk keperluan logistik,apalagi letak ambarawa yg strategis antara semarang -yogya,dan semarang - solo,dan dekat dg salatiga,tdk ada tiket msk hanya parkir 5000/motor.
#myheritagetrip
Cc @myheritagetrip


0

Mimin mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1439 H Minal Adizin Wal Faidzin Mohon maaf lahir batin, semoga puasa kita di bulan Ramadhan diterima oleh Allah SWT Amin yaa raabbal alamin 🙏🙏
.
Suasana penampakan H+1 lebaran, Pasar Pabean Surabaya masih terlihat sepi dari arah kantoran lurus ke arah Pabean tengah yang membelah Jl. Pasar Pabean menuju perkampungan di Jl. Ketapang 3, 5, 6 dan 7 ( Ketapang sajangan ) yang juga nampak sepi ditinggal mudik oleh warganya. Sepi namun masih aman terkendali. 💪

#iedmubarak #pasarpabean #kampongpabean #ketapangsajangan #myheritagetrip


1

Happy Friday Surabaya
Menanti #blusukankampungeropa sesi berikutnya

#myheritagetrip


1

jgn geserrrr ..... creepy 💀💀👻👻👻
.
.
.
.

#myheritagetrip #heritage


4

Olahraga ... hap...hap...hap

#myheritagetrip


9

Strolling heritage site

#myheritagetrip


4

Until u cross the bridge of ur insecurities, you can't begin to explore ur possibilities.

#myheritagetrip


2