Bicara Kopi@bicarakopi

Berawal dari secangkir kopi, kami mengajak kalian untuk berbincang yang lebih lagi. Mulai dari kisah sehari-hari, hingga cerita dari hati ke hati.

Kehadiran teknologi pada sebuah industri adalah suatu formasi yang lazim ditemui. Beberapa pabrik berskala makro misalnya, banyak dari mereka sudah tidak lagi menggunakan tenaga manusia untuk memproduksi suatu benda. Contoh sederhana seperti mesin sortasi kopi di perkebunan yang mampu memangkas jumlah tenaga kerja.
.
Kehadiran teknologi berupa robot barista di kedai kopi tak menutup kemungkinan akan terjadi. Sampai di titik ini saja sudah banyak perusahaan teknologi yang menciptakan robot atau mesin pembuat kopi otomatis. Mesin yang dirancang khusus dengan kualifikasi layaknya seorang barista. Handal membuat latte art, bisa melakukan ekstraksi espresso, mampu menyajikan segelas kopi seduh manual, dan soal rasa tidak jauh berbeda dengan buatan seorang barista.
.
Sayangnya robot tidak mengerti bagaimana cara berkomunikasi secara intim dan tidak mampu menghadirkan kedekatan emosional antara seorang barista dan pelanggannya. Perasaan inilah yang memberikan nilai lebih dari seorang barista. Manusia akan selalu membutuhkan interaksi sosial dan pengalaman yang didapatkan dari kopi yang ia minum. Jadi bagi para barista, pelajari lagi lebih serius hal-hal mengenai kopi dan berikan pelayanan terbaik kalian sebelum posisi tersebut tergantikan oleh robot.
.
📷: grubstreet.com
.
#infokopi #beritakopi #tentangkopi #seputarkopi #duniakopi #robotbarista #robot #barista #profesi #kopipedia #bicarakopi


5

Alat seduh kopi jenis ini juga dikenal dengan nama vacuum pot syphon. Ditemukan pertama kali oleh Loeff yang berasal Berlin, Jerman pada tahun 1830an. Namun entah kenapa, hak paten pertama syphon di kemudian hari malah jatuh ke tangan seorang wanita Perancis bernama Jeanne Richard. Sejumlah paten pernah diajukan untuk perbaikan perangkat syphon, namun yang paling menonjol adalah desain yang dibuat Madame Vassieux pada tahun 1840. Menampilkan desain berbentuk seperti balon udara, sangat indah dan artistik.
.
Selain bentuk yang unik, cara kerja dan fungsi alat ini juga tak kalah menarik. Pada tabung pertama yang berisi air sesuai takaran akan dipanaskan dengan kompor spirtus yang berada di bagian bawah tabung kedua. Pertunjukan baru akan dimulai ketika air mendidih. Air yang bertekanan akan berpindah ke tabung atas. Otomatis, tabung bawah akan kosong dengan sendirinya.
.
Ketika air berpindah ke tabung atas, bubuk kopi dengan sendirinya akan tercampur dengan air. Lalu segeralah aduk perlahan-lahan hingga rata. Ketika spirtus dimatikan, tabung bawah akan menjadi vakum dan air yang bercampur bubuk kopi akan mengalir ke tabung bawah. Sedangkan bubuk kopi tersaring di tabung atas.
.
#infokopi #alatkopi #mesinkopi #alatseduhkopi #kopiseduhmanual #manualbrewing #manualbrew #syphon #kopipedia #bicarakopi


0

Leucaena Leucocephala atau lebih dikenal dengan tanaman lamtoro atau akrab disebut juga dengan petai selong merupakan pohon pelindung / penaung tanaman kopi. tanaman penaung berkontribusi untuk membentuk karakter rasa dari kopi itu sendiri. Pohon penaung merupakan pohon yang ditanam dan tumbuh di sekitaran kebun kopi guna menetralkan sinar matahari agar tidak langsung menyinari pohon kopi. Jika tidak ada pohon pelindung, sinar matahari yang mengenai pohon kopi secara langsung, berdampak pohon kopi dipaksa tumbuh.
.
Daun lamtoro berguna untuk menjaga kelembapan tanah. Tidak semua dedaunan yang dapat menjaga kelembapan, karakter daun dari pohon lamtoro yang kecil-kecil ini, membantu mempercepat proses dekomposisi sehingga bagus untuk tanah. Secara tidak langsung, jika pohon lamtoro tumbuh di tengah-tengah kebun kopi dengan jarak tanam khusus, maka dapat menjaga kelembapan tanah untuk tanaman kopi.
.
Bukan suatu keharusan juga setiap kebun kopi di tanami oleh tanaman lamtoro. Masih banyak lagi jenis pohon-pohon lainnya yang tergolong sebagai tanaman penaung. Dan setiap tanaman penaung memiliki keunggulan tersendiri.
.
Cr: majalah.ottencoffee.co.id
.
#infokopi #tentangkopi #faktakopi #ceritakopi #seputarkopi #duniakopi #beritakopi #pohonpenaung #petaicina #lamtoro #kopipedia #bicarakopi


13

Sebagai penutup malam ini, @theextralarge akan menghibur sobat kopi dimanapun kalian berada. Selamat berakhir pekan ya sobat :D
.
#musikngopi #musikkopi #lagungopi #lagukopi #musikbicarakopi #bicaramusikkopi #theextralarge #band #sayangnya #audiospectrum #bicarakopi


3

Jadi tinggal 'Bukber' sama siapa lagi nih yang gak jadi-jadi dari tahun lalu? :D
.
📷: @sebutsaja_indra
.
#sobatkopi #sobatbicarakopi #bicarakopi


6

Hampir saja semua terjadi. Nyatanya aku masih harus kembali senyum-senyum sendiri membayangkanmu.
.
#quoteskopi #sajakkopi #kutipankopi #celotehkopi #syairkopi #quotesoftheday #coffeequotes #bicarakopi


34

Conservation International menyebut, perubahan iklim sudah mulai berdampak besar pada industri kopi. Ketika suhu bumi meningkat dan pola cuaca tidak bisa diprediksi, lahan kopi perlahan berkurang hingga 50% selama 30 tahun terakhir. Hal ini tentu tidak bisa diberatkan pada satu pihak karena untuk menyelamatkan kopi butuh konservasi lingkungan dan pembangunan yang ramah lingkungan di setiap sektornya.
.
Pada sektor perkebunan, kerusakan lingkungan dapat terjadi apabila para petani dan prosesor tidak cermat dalam mengolah limbah kopi. Air hasil pencucian / perendaman kopi mengandung zat yang dapat mencemari air dan tanah. Kemudian meningkatnya suhu bumi membuat petani kopi berpindah ke lahan yang lebih tinggi. Hal ini tentu akan memberikan ancaman yang lebih besar jika mereka melakukan deforestasi.
.
Keepemudian dari sektor penyangrai kopi, proses sangrai kopi menghasilkan emisi karbon. Pelepasan karbon dioksida dari biji kopi dapat merusak lapisan ozon. Ancaman ini berlanjut sampai ke kedai kopi, aktivitas seperti memanaskan air, penggunaan pendingin ruang, dan limbah bekas kemasan kopi juga tak luput berdampak pada pencemaran lingkungan.
.
Fenomena ini haruslah cepat disadari oleh seluruh pelaku industri kopi secara selaras dan berkesinambungan. Hanna Neuschwander salah satu peneliti dari dari World Coffee Research mengatakan kepada Civil Eats, “Peminum kopi adalah penghasil CO2 terbanyak dan petani kopi yang harus membayar harga tertinggi untuk itu.”
.
Cr: civileats.com
.
#infokopi #ceritakopi #seputarkopi #beritakopi #duniakopi #environment #kopi #kopipedia #bicarakopi


7

Sahur yuk sahur sobat kopi. Kita sudah siapkan lagu dari Kak @monitatahalea yang bisa kalian jadikan teman santap sahur. Sampai jumpa diseduhan selanjutnya yaa.
.
#lagukopi #lagungopi #musikngopi #musikkopi #bicaramusikkopi #musikbicarakopi #monitatahalea #hai #audiospectrum #bicarakopi


5

Lumayan nih segelas dulu sebelum tidur. Ada kopi apa aja di rumah?
.
📷: @kopitala
.
#sobatkopi
#sobatbicarakopi #bicarakopi


47

Melupakan memang jalan terbaik, tapi sayangnya itu bukan jalan pintas. Aku butuh waktu lebih cepat untuk melupakan, bukan terabaikan.
.
#quoteskopi #sajakkopi #celotehkopi #syairkopi #kutipankopi #quotesoftheday #coffeequotes #bicarakopi


37

Pertama, waktu yang pas untuk menikmati kopi yakni setelah berbuka, tentunya perut kalian harus terisi dulu sebelum minum kopi. Kopi akan membuat tubuh kalian tetap segar dan fokus. Waktu yang tepat selanjutnya untuk minum kopi adalah sekitar pukul 21.00 – 22.00 waktu setempat atau setelah solat tarawih. Di tahap ini kopi akan buat kalian rileks. Perlu diingat konsumsi kopi yang dianjurkan haruslah kopi jenis arabika karena kopi ini memiliki kandungan kafein lebih rendah.
.
#infokopi #seputarkopi #duniakopi #beritakopi #ceritakopi #kesehatan #puasa #kopipedia #bicarakopi


15

Kebimbangan ini memunculkan pertanyaan di kalangan barista. Kemudian hal ini berkembang menjadi eksperimen-eksperimen kecil di bar mereka. Dengan rasio air untuk sajian espresso, kemudian menggunakan paper filter agar bubuk kopi tertahan sementara sebelum di-’press’ secara cepat, dan improvisasi ini diakui dapat menghasilkan espresso seperti espresso maker portabel pada umumnya. Hingga menggunakan penyaring bermaterial logam.
.
Hasil minuman ini nyatanya tidak cukup dikatakan sebagai espresso karena tidak memiliki crema yang baik dan tekanan yang dibutuhkan untuk membuat espresso tidak tercapai.
.
Prismo merupakan produkan dari Fellow adalah aksesoris penyaring / filter untuk aeropress dan sama sekali tidak ada afiliasi dengan perusahaan yang memproduksi aeropress. Namun demikian, nampaknya aeropress kini sudah sah disebut sebagai ‘espresso maker’ dengan adanya penyaring Prismo.
.
Cr: sprudge.com
📷: fellowproducts.com
.
#alatkopi #mesinkopi #alatseduhmanual #alatseduhkopi #manualespresso #espressomaker #manualbrewing #aeropress #prismo #kopipedia #bicarakopi


21

The end of the page