Muzammil Hasballah@muzammilhb

Founder of @qaricommunity, @1mammuda

💍 @soniaristanti
👶 @khadijahhaura

👔 Architect, Quran Reciter
🎓 Alumni of ITB '11

📲 +62 811 200 2013

bit.ly/youtube-muzammilhb

273 posts 2,527,601 followers 751 following

Muzammil Hasballah

PRAY FOR UYGHUR

Telah tiba di sini
Jerit tangis berjuta saudara muslim kita di Uyghur
yang sakitnya tak bisa kita ukur

Ya Allah
di dua pertiga malam-Mu
sambungkan hati kami dengan mereka di Uyghur sana, dalam temali doa.

***

Yuk teman-teman gabung,
kita doa bareng di ujung Tahajjud malam ini,
InsyaAllah.

📆 Ahad, 16 Desember 2018
⏰ 02.00 dini hari
📍 Masjid Ar-Rahmaan
Kota Baru Parahyangan, Jawa Barat

Abis Shubuh lanjut kajian bareng @ustadzadihidayat
#muzammilhb #freeUyghur #saveUyghur


290

Muzammil Hasballah

DOA-DOA SAFAR

Bismillah. Vlog pertama. Moga manfaat.
Full video, link di bio.



Thanks to @mghtours
Backsound: MENTARI, Acapella Nasheed by SKALA

#muzammilhb #MHVlog


441

Muzammil Hasballah

#SempatkanNgaji

Ada yang tau ini #Quran surah apa? Ayat berapa?

Simak artinya biar jadi reminder. Mudah-mudahan bisa nambah iman, makin semangat beramal, n niat terjaga.


Video by @ammarchannel
#muzammilhb


1,449

Muzammil Hasballah

ASAL BAIK, APALAGI CANTIK

Malam Sabtu, saya hadir di @hijrahfest, JCC Jakarta, dapat amanah imam Maghrib Isya. Syukur bisa ketemu banyak orang soleh. Ustadz, ulama, juga sederet public figure sampe artis ibukota yang istiqamah dalam proses hijrah, alhamdulillah.

Guru dan senior mendominasi, sempat canggung dan kikuk. Syukur ada satu anak muda millenial yang cukup klop diajak diskusi. Mungkin karena usia kami yang ga terpaut jauh, plus masih jomblo, tapi soleh... hehe.

@hawaariyyun namanya, pemuda smart, tidak sombong... idaman. Dakwahnya semangat banget, lantang nyampein kebenaran yang diyakini. Doyan “nge-gas”, ini kata orang-orang.

Kami bertukar pikiran tentang banyak hal, hanyut dalam keseruan. Di antara cuplikannya,

“... Syariat Islam itu emang paling keren, coba bayangin kalo semua perempuan menjaga kehormatan dengan berhijab (di luar rumah), semua laki-laki menjaga pandangan (kecuali buat yang halal), istri pasti yang paling cantik di mata mereka. Tentram deh rumah tangga.”

***

Kenapa ada syari’at hijab? Karena semua perempuan itu cantik, berharga, perlu dilindungi, dijaga kehormatan dan kemuliaannya.

Seperti #Quran Ar-Rahman (55):70-75 di video ini...

Kerennya Bidadari Surga... karena Allah mendahulukan cantiknya akhlak mereka, baru jelitanya rupa. Mereka terjaga dalam kemah-kemah, tidak pernah tersentuh oleh manusia dan jin sebelumnya.

So, nasihat buat cowok Single Fi Sabilillah, kalo cari bidadari dunia, prioritaskan agamanya, dahulukan akhlaknya, baru parasnya. Asal baik, apalagi cantik.

Cantik itu relatif. Tapi semua perempuan itu cantik, menurut versi masing-masing. Laki-laki hanya perlu menemukan perempuan yang cantik baginya, menentramkan hatinya. Alhamdulillah Allah pertemukan saya dengan si shalihah @soniaristanti... yang cantiknya, “inside and outside”.

Cantik fisik memang menarik, tapi itu berdurasi. Hanya cantik akhlak (bagus agamanya) yang awet sampe kita jadi kakek dan dia jadi nenek. The choice is yours.

Jadi kalo ada jomblo yang nanya, boleh ga nentuin kriteria calon istri… udah baik agamanya, cantik juga rupanya?

Jawabannya... boleh, pake banget. Tapi pastiin dulu dianya mau, dan ayahnya setuju.

Wallahu a’lam


653

Muzammil Hasballah

SEHANGAT CINTA

Sinar mentari perlahan melambung tinggi, mengusir dinginnya pagi. Jelang siang Bandung diselimuti mendung, musim hujan telah tiba. Semilir angin menyapa dedaunan, menggoyangkan pepohon tua yang berjejer di jalanan pusat kota.

Hari itu aku bercerita kepada istri, @soniaristanti, saat menemaninya masak tumis udang khas Aceh kesukaanku di dapur rumah kami.

Kejadian ini, saat aku mendapat amanah sharing di sebuah cafe di Makassar. Ia hadir bersamaku, namun ia tidak menyaksikan jalannya acara sebab sibuk mengurus si mungil @khadijahhaura.

Ada seorang pria paruh baya, mengajukan pertanyaan di akhir sesi. Pria ini merupakan keluarga dari owner tempat diadakannya acara... yang rela sekeluarga besar terbang jauh-jauh dari Papua, hanya untuk bisa bertatap muka.

"... Gimana rasanya jadi seorang Muzammil Hasballah? Banyak yang mengagumi, banyak godaan perempuan, tidak berniatkah menambah istri?"

Aku tersontak kaget, sungguh pertanyaan yang sangat berani. Maha Baik Allah yang telah menutupi semua aib diri, hingga mungkin banyak yang mengagumi.

Bismillah, dengan tenang ku jawab,
"Saya memandang godaan-godaan itu seperti bintang-gemintang di malam hari, kerlap-kerlip sinarnya. Namun bagi saya, istri itu ibarat matahari... ketika ia terbit di pagi hari, semua bintang menjadi sirna."

Sejenak suasana cafe menjadi ramai, diiringi sorak riuh nan gaduh. Ladies dan emak-emak terlihat bahagia. Istri dari pria yang bertanya tampak sumringah, ekspresi kemenangan menghiasi wajahnya.

***

Mendengar cerita ini, istri shalihahku langsung memelukku erat, mendekapku lekat, menumpahkan tangisnya di dadaku, isak haru bahagia... Waktu pun seolah membeku.

Nikah itu ibadah, dengan menikah (lagi) mestinya peluang kita meraih surga lebih mudah. Jangan sampai karena kelalaian kita dalam tanggung jawab ini, surga semakin menjauh. Syari'at poligami memang ada, boleh, itu pilihan bagi mereka yang berilmu dan mampu adil dalam nafkah.

Terdengar masakan yang mulai mendidih, tercium aroma sedap harum menggoda. Masakan siap disajikan. Bismillah, kami makan bersama, hanya berdua, menikmati menu kesukaan hangat-hangat, sehangat cinta.

#muzammilhb


1,864

Muzammil Hasballah

Islam agama yang sempurna...

Hidupnya agama adalah cahaya kehidupan.
Menghidupkan kembali agama berarti menghidupkan suatu bangsa.

(Badiuzzaman Said Nursi)

***

Teman-teman SURABAYA, yuk buat yang mau silaturrahim, InsyaAllah...

📆 Jumat, 26 Oktober 2018
⌚ 17:30 - 20:00
📍 Masjid Al-Ikhlas, Palm Spring
🔊 Shalat Maghrib Isya, Talkshow

📆 Sabtu, 27 Oktober 2018
⌚ 8:00-10:00
📍 UNESA (GSG Kampus Ketintang)
🔊 Talkshow

Sabtu, 27 Oktober 2018
⌚ 17:30 - 20:00
📍 Masjid Al Madani, Pakuwon City 🔊 Shalat Maghrib Isya, Talkshow

📆 MINGGU, 28 Oktober 2018
⌚ 8:00 - 10:00
📍 Masjid Nuruzzaman UNAIR, (Jl. Dharmawangsa)
🔊 Talkshow

***

#Quran Surah Al-Maidah (5): 3
Video by @qaricommunity

#muzammilhb


762

Muzammil Hasballah

TIADA TUHAN SELAIN ALLAH... MUHAMMAD UTUSAN ALLAH

لا اله الا الله

Lewat senandung ini, tangis kamu meredam, Nak. Dengan dzikir ini, buah rindu ayah menjadi tenang.

لا اله الا الله

@khadijahhaura sayang, ayah ingin saat kamu mulai bisa berkata-kata, kalimat ini di antara yang pertama bisa kamu ucapkan.

لا اله الا الله

Anakku shalihah, siapa pun yang mengakui ada iman di hati, pasti berharap dengan kalimat ini ia hidup dan mati.

محمد رسول الله

Saat ini... mungkin lewat Ayah Haura mengenal Syahadatain ini, mungkin Bunda @soniaristanti yang ajarkan Haura kalimat-kalimat mulia ini. Namun Ayah Bunda berharap, suatu saat nanti gantian Haura yang menuntun kami mengucapkannya dengan izin Allah... agar kebersamaan kita bukan hanya di dunia, tapi juga di surga-Nya.

لا اله الا الله... محمد رسول الله...

Kalimat-kalimat yang sangat mulia. Menistanya hanya akan membuat pelakunya hina.

#muzammilhb
#tauhid

*Halal di-repost

Makasih teman2 buat bantuan take video-nya @alim.mufassir @andi.khuno
@chandraa_r


2,115

Muzammil Hasballah

Don't forget to pray...
Jangan lupa shalat...

Kalo dulu suka nunda, sekarang on time.
Kalo dulu sering shalat sendiri, sekarang rutin berjamaah.
Kalo dulu sering masbuk, sekarang ngejar shaf pertama.
Kalo dulu kadang ga fokus, sekarang makin khusyu'.

Kita perbaiki kualitas shalat kita, Allah perbaiki kualitas hidup kita, insyaAllah...

***

Buat teman-teman LOMBOK, yuk malam ini (Kamis malam Jum'at) Shalat Maghrib n Isya di Masjid Agung Al-Mujahidin Selong, Lombok Timur, NTB. InsyaAllah ada Talkshow juga.

***

FULL ADZAN versi ini ada di #Youtube @ammarchannel.

Ada juga di Mobile Apps @mashara.id, aplikasi pengingat Shalat gratis bebas iklan.

#muzammilhb


519

Muzammil Hasballah

MUNGKIN... SUDAHKAH...?

Amal itu tergantung niat di hati.
Hati... hanya Allah dan pemiliknya yang tau. Bahkan Malaikat pun ga tau isi hati.

Ketika seseorang berbuat buruk, akan dicatat dosa maksiatnya. Namun ada taubat dan istighfar yang bisa menghapusnya.

Ketika seseorang berbuat baik, akan dicatat pahala amal solehnya. Namun ada ikhlas sebagai syarat diterimanya.

Carilah 1001 alasan untuk berbaik sangka (husnuzhan) kepada orang lain. Sebaliknya, curigailah (su'uzhzhan) diri sendiri.

Ketika mendapati orang lain bermaksiat, berhusnuzhanlah. Mungkin ia melakukannya tanpa ilmu, mungkin ia belum beroleh hidayah, mungkin suatu saat ia bertaubat dan menjadi ahli ibadah lalu meninggal husnul khatimah. Mungkin...

Ketika kita mendapati orang lain beramal shalih semisal shalat, membaca Al-Qur'an, bersyi'ar, berdakwah... berbaiksangkalah. Mungkin amalnya mengundang ridha Allah dan mengantarkannya ke Surga.

Jangan mudah menghakimi dan mencari-cari kesalahan orang lain. Jangan mudah melayangkan tuduhan riya' untuk amal soleh orang lain. Apa hak kita menghakimi? Memangnya kita bisa mengintip isi hatinya?

Bagaimana nasib kita sendiri?
Justru diri sendirilah yang sangat pantas untuk dicurigai.

Sudahkah...
Sudahkah hati kita terbebas dari penyakit semisal iri dengki?
Sudahkah shalat kita benar dan khusyu'?
Sudahkah amal soleh kita sesuai syari'at, terjaga keikhlasannya, dan terbebas dari ujub hingga diterima Allah?
Sudahkah Allah ampuni dosa-dosa kita yang menggunung?

Terjaminkah kita akan istiqamah dalam taat hingga berujung mati yang baik, husnul khatimah?
Terjaminkah surga untuk kita?

Perlu berburuk sangka pada diri sendiri.
Wajib berbaik sangka pada orang lain.
Jangan dibalik.

Wallahu a'lam.
#SelfReminder

***

#Quran Surah Al-Hujurat (49): 12
Video by @qaricommunity, buat yg mau belajar irama Qur'an, follow ya

#muzammilhb


1,116

Muzammil Hasballah

RINDU YANG DIRESTUI

Burung Gagak terlihat akur dengan kerumunan Merpati. Hiruk-pikuk manusia memadati Kota Imperium Utsmani. Kapal-kapal melintasi perairan silih berganti, datang dan pergi.

Aku menyusuri kembali jejak-jejak memori... setahun lalu di Bulan Juli, ketika mengunjungi Negeri Turki.

Kini musim berganti. Hawa dingin pun menghampiri. Terasa ada yang berbeda dengan kunjungan kali ini. Meski suasana ramai sekali, seringkali aku merasa sepi.

Harus kuakui... ini terjadi sebab tanpa kehadiran seseorang di sisi. Dia kekasih shalihah yang memenangkan dan menenangkan hati. Namanya @soniaristanti, ibundanya @khadijahhaura si buah hati.

Baru juga terpisah beberapa hari... ternyata begini rasanya merindui. Rindu yang direstui, oleh Allah Rabbil 'izzati. Rindu yang amat sangat ku syukuri.

Aku yakini, dia pun merindukan diri ini, bahkan dengan dosis yang lebih hebat lagi.

Dari mana aku ketahui? Dari pesan yang kerap kali ia kirimi, "Babang, kapan tipun dedek lagi?"

Rasa seperti ini hanya mungkin dimengerti, oleh mereka yang telah temui... makna cinta sejati.

Satu hal yang kusadari. Perbedaan antara sekarang dan dulu ketika masih sendiri. Nikah itu selain menyatukan dua jiwa juga menautkan sepasang hati.

I love you... Deayi ❤️

dari yang selalu rindu semua tentang kamu,
Suami.

#muzammilhb
#türkiye

📷 1: foto 2018 jepretan @gunadiedi
📷 2: foto 2017


713

Muzammil Hasballah

ISLAMIC ARCHITECTURE

“Arsitektur yang Islami adalah Arsitektur yang tumbuh dari buminya sendiri.” Ini sepenggal kalimat yang saya ingat dari Pak @BambangSBudi, dosen pembimbing Tugas Akhir saya sewaktu kuliah di @architecture.ITB.

Semua Masjid adalah “Architecture of Islam”, arsitektur milik Islam, tapi belum tentu bagian dari “Islamic Architecture”, Arsitektur yang Islami.

Kok bisa? Maksudnya?
Islami itu sifatnya. Dalam arsitektur yang Islami… bentuk, rupa, dan impresi, selama tidak bertentangan dengan syariat, jadi prioritas yang ke sekian. Namun bukan berarti mengabaikan aspek estetika dan keindahan sama sekali. Fungsi dan kemanfaatanlah yang lebih diutamakan.

Ketika Islam datang lewat Muhammad Al-Fatih membebaskan Kota Konstantine, lalu diganti nama menjadi Islambul sebagai ibukota pemerintahan Islam dunia (sekarang Istanbul), bangunan Ayasofya yang semula berfungsi sebagai gereja bagi Ummat Kristiani dialihfungsikan menjadi Masjid, tanpa diubah, apalagi dirusak.

Ketika Ayasofya difungsikan sebagai tempat shalat, lukisan Bunda Maria di langit-langit cukup ditutup dengan tirai. Perubahan yang terjadi hanya pada penghilangan simbol-simbol salib, diganti dengan penambahan kaligrafi Asma Allah, Nabi Muhammad ﷺ, dan empat shahabat Abu Bakar, Umar, Usman, dan Ali… radhiAllahu ‘anhum. Sesederhana itu, sebab yang penting adalah fungsinya. Saat ini, Aya Sofya berubah menjadi museum.

Islam agama yang damai, Islam agama keselamatan, Islam agama kemaslahatan. Begitulah ketika sifat islami disematkan ke semua aspek kehidupan, termasuk arsitektur.

***

Jalan-jalan ini disponsori @mghtours. Momen ini dijepret sama jomblo soleh @octavian_fazar yang lagi studi Teologi di Turki.

#muzammilhb #ayasofya


289

Muzammil Hasballah

#Quran surah An-Nisa' (4): 142 - 143

Allah ga akan ketipu, Allah tau isi hati.
Shalat yang malas-malasan, sering ga fokus, ternyata itu kayak shalatnya orang munafik. 😭

Ya Allah, kami titipkan hati kami pada-Mu. Jangan biarkan ada sesuatu di dalamnya yang Engkau tidak suka...

#NoteToSelf
#muzammilhb


1,836